Mbak, kok kandangnya bisa bersih?

Mbak, kok pakai kain? Emang ngga di pup-in sama landak mininya?

Mbak, bagaimana cara untuk mengajarkan landak mini supaya bisa pup & pee di litter tray nya?

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering masuk di DM instagram aku, seputaran potty training landak mini, yaitu mengajarkan landak mini untuk pipis dan pup di “toilet”nya.

Landak mini hewan yang cukup pintar. Namun, dia bukan kucing yang memang sudah secara natural mencari tempat yang bisa dia gali dan kubur kotorannya. Jadi untuk potty training landak mini perlu kesabaran dan ketelatenan dari ownernya.

Ada landak mini yang sudah punya tempat favorit untuk pup dan pipis. Yang kayak begini gampang banget di potty train-nya, tinggal taro litter tray di tempat dia biasanya pup dan pipis. Selesai! Ada juga yang pintar dan cepat mengerti dimana toiletnya setelah kita ajarkan dengan cara yang akan dibahas nanti. Landak mini tipe ini juga termasuk mudah di trainingnya, beberapa hari bisa selesai. Tapi ada yang ngga cepat mengerti. Yang begini owner mesti sabar, karena bisa makan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk membuat dia mengerti. Bahkan ada yang ngga bisa mengerti, karena dalam hal potty training ini, tetap kembali ke karakter landak mini masing-masing.

Banyak sekali cara untuk potty training landak mini. Setiap owner punya caranya sendiri-sendiri karena setiap landak minipun mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Bagaimana cara aku potty train landak mini di rumah?

Yang diperlukan:

KANDANG YANG LUAS

potty training landak mini - duri oh duri - blog landak mini jakarta indonesia

Yup! Kalau kamu mau potty train landak mini kamu, pastikan punya kandang yang luas supaya dia bebas bergerak. Minimal, gunakan container plastik dengan ukuran 150L. Karena kalau kandangnya kecil, bakalan tambah sempit lagi setelah di taro litter traynya.

LITTER TRAY

Bisa menggunakan nampan kecil plastik yang rendah atau litter tray untuk kelinci. Atau bisa DIY sendiri yang penting pastikan cukup rendah supaya landak mininya gampang masuknya dan juga dari bahan yang mudah dicuci. Ukurannya juga harus yang cukup untuk badan landak mini kamu.

potty training landak mini - duri oh duri - blog landak mini jakarta indonesia

potty training landak mini - duri oh duri - blog landak mini jakarta indonesia

ISI LITTER

Bisa diisi dengan wood pellet, serbuk kayu, atau tissue (harus rajin ganti).

Perbedaan wood pellet dan serbuk kayu bisa diliat disini.

JANGAN MENGGUNAKAN PASIR KUCING.

BEDDING

Gunakan bedding yang berbeda dengan isi litter tray. Supaya landak mini bisa membedakan mana toiletnya. Bisa menggunakan fleece atau underpad. Gambar diatas aku menggunakan underpadUnderpad boleh digunakan untuk tahap awal potty training. Supaya ngga cape nyuci bedding melulu karena landak mininya masih belum lulus potty training. Setelah lulus, lebih baik menggunakan bahan fleece ya!  Cek disini untuk liat seperti apa bahan fleece.

DISINFEKTAN

Gunakan disinfektan yang aman untuk landak mini. Gunanya untuk membersihkan area yang kena pipis atau pup saat landak mini kamu tidak pipis dan pup di toiletnya. Bagaimana cara membuat disinfektan yang aman untuk landak mini? Klik disini.

Caranya:
  • Buat area terpisah antara toilet (litter tray) dan area lainnya. Gunakan fleece atau underpad untuk area lain.
  • Jika landak mini kamu sudah ada lokasi favorit untuk pup dan pipis, litter tray di taro disitu aja. Langsung beres!
  • Kalau landak mini kamu pipis sembarangan, serap pipisnya pakai tissue, lalu area bekas pipisnya semprot dengan disinfektan. Kalau pup sembarangan, angkat pupnya, pindahin ke litter tray. Semprot bekas pupnya dengan disinfektan.
  • Kalau ketangkep basah lagi pup atau pipis sembarangan, langsung angkat aja landak mininya pindahin ke litter tray untuk menyelesaikan pup/pipisnya.
  • Kalau kamu liat landak mini kamu lagi pup/pipis di toiletnya, tunggu sampai setelah selesai, lalu kamu kasih “hadiah” ulat hongkong atau treat lainnya untuk pendekatan secara positif dalam hal potty training.

Intinya harus sabar dan telaten ya!

Oh iya TIPS TAMBAHAN, kenapa kandang aku selalu keliatan bersih? Karena rajin di bersihin. Setiap hari spot cleaning (langsung dibersihin kalau liat ada kotoran) dan aku selalu lepas landak mini aku setiap hari. Sebelum aku lepas, aku taro mereka di kamar mandi dulu selama 15 – 30 menit, supaya mereka selesai dulu pup dan pipisnya. Setelah itu mereka baru di lepas di tempat yang aman. Kebiasaan seperti ini juga meminimalisir kemungkinan landak mini untuk pup dan pipis sembarangan di dalam kandang nantinya. Jadi lebih mudah untuk menjaga kandang untuk tetap bersih.

Yuk bantu share ke teman-teman lain dengan klik social media button dibawah ya! Siapa tau bermanfaat 🙂

Selamat mencoba!

 

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

SaveSave

Leave a Reply