It’s a very long overdue post! Udah lama banget aku mau post ini, tapi apa daya baru sempat sekarang.

Sebelum lanjut baca post ini pastikan kamu sudah baca post Cara Memandikan Landak Mini dan Mandi Oatmeal untuk Kulit Kering pada Landak Mini ya! Supaya at least sudah dipastikan mengerti cara memandikan landak mini.

Post ini bukan menyatakan kalau ini adalah satu-satunya cara untuk mengobati jamur pada landak mini. Ini hanya berbagi pengalaman apa yang aku lakukan sehingga Kuki sembuh dari jamurnya.

Jamur pada landak mini sering terjadi. Biasanya diakibatkan oleh kandang yang ngga bersih, lembab, daya imun tubuh yang kurang baik, dan juga tertular dari landak mini lainnya. Jamur ini bukan hanya menular sesama landak mini tapi bisa juga dari hewan lain ataupun manusia.

Aku adopt Kuki di tanggal 2 Mei 2017. Aku ngga terlalu banyak cek karena udah keburu kesengsem sama warna Tobiano-nya ūüėú, hanya cek landak mini ini lincah, sehat, dan sempat tanya ke breeder mengenai pakan apa yang diberikan selama dalam perawatan dia. Aku juga ngga menyatakan kalau Kuki jamuran dari breedernya ya. Belum tentu juga karena banyak faktor yang bisa menyebabkan jamur seperti yang aku sebut di atas.¬†Kembali ke laaapp-toooppp..

Begitu sampai rumah, bedding dia langsung pakai underpad, sekalian mau toilet training. Beberapa hari pertama aku liat durinya rontok. Aku pikir masa quilling (pergantian duri)  karena usianya pas sama usia quilling. Tapi memang tambah lama tambah banyak duri yang rontok.

mengobati jamur pada landak mini - duri oh duri blog landak mini

Ini dia senjata yang aku pakai untuk mengobati jamurnya Kuki:

  1. Jusz Spray: Melindungi dari virus, bakteri, dan kutu. Bisa menyembuhkan luka-luka ringan dan mencegah infeksi. Mengandung bahan-bahan yang bersifat anti jamur. Bahan-bahan yang digunakan adalah 100% natural dan tanpa alkohol, sehingga aman bila terjilat hewan.  Dan juga bentuknya yang spray, jadi memudahkan kita untuk mengaplikasikannya ke kulit landak mini yang diselimuti duri-duri. Tinggal berdirikan durinya trus semprot deh.
  2. Apple Cider Vinegar (ACV) merk Bragg: cuka apel organik (Raw Рunfiltered).

Ini kronologisnya dengan foto-foto di tempat jamuran yang sama tanpa di edit.
(Klik fotonya untuk lihat gambar lebih jelas)

13 Mei –¬†Aku kena jamur di jari. Akhirnya cek semua hewan di rumah, rupanya Kuki yang jamuran. Sayangnya aku ngga sempat foto karena keburu panik liat jamurnya sampai kepala segala. Langsung aku semprot dengan Jusz Spray 2x sehari.

mengobati jamur pada landak mini - duri oh duri blog landak mini

15 Mei – Ini penampakannya setelah di treatment dengan Jusz Spray selama 2 hari. Kondisi sudah mendingan dibanding di tanggal 13 Mei. Sudah banyak jamur yang rontok dan durinya ngga terlalu banyak lagi rontoknya. Bayangkan deh kondisi waktu pertama aku liat seperti apa?! Ini aja udah mendingan loh!

Malamnya di tanggal 15 Mei ini, aku mandikan dia dengan Apple Cider Vinegar (ACV) dengan perbandingan 30:70 yaitu 30ml ACV dan 70ml air. Caranya: disiram aja (hindari mata, ini pedih banget kalo kena mata) trus didiamkan 5 menit sambil disikat pakai sikat gigi pelan-pelan aja. Lalu bilas bersih dan keringkan. Trus disemprot lagi dengan Jusz Spray.

mengobati jamur pada landak mini - duri oh duri blog landak mini

16 Mei – Keadaannya sudah jauh lebih baik. Treatment Jusz Spray 2x sehari tetap dilanjutkan.

mengobati jamur pada landak mini - duri oh duri blog landak mini

18 Mei – Semakin membaik.

mengobati jamur pada landak mini - duri oh duri blog landak mini

19 Mei – Aku mandikan lagi dengan cara yang sama dengan tanggal 15 Mei, bedanya larutan ACV dan air menjadi 10:90 (10ml ACV dan 90ml air). Foto diatas adalah kondisi setelah mandi dan di semprot Jusz Spray. Bisa dibilang 100% hilang jamurnya.

Jamur itu lumayan susah menyembuhkannya karena kalau masih ada spora yang menempel di tempat lain seperti di kandang, mainan, atau bedding, dia akan menempel lagi di kulit dan menyebar lagi.

Sebelum memandikan landak mini, bersihkan kandangnya, hiding box, mainan, litter box, tempat makan dan minum. Semprot dengan disinfektan, lalu dijemur kurang lebih 30 menit. Ganti bedding dengan yang baru.

Baru mandikan landak mininya dan setelah itu kembalikan landak mini ke kandang yang sudah dibersihkan tadi yang mudah-mudahan sudah ngga ada spora jamur lagi.

Dengan perawatan jamur yang benar dan bersih, cuma dalam seminggu aja jamurnya bisa hilang total, padahal tanpa obat-obatan jamur yang mengandung bahan kimia yang keras.

Anywayyy.. Supaya bisa membantu temen-temen lain yang punya landak mini, bantu share post ini yuk, tinggal klik media social button dibawah ini ya!

SaveSave

SaveSaveSaveSave

SaveSave

SaveSave

Leave a Reply