Jangan pelihara landak mini kalau kamu tidak bisa kasih ✔︎ pada list dibawah ini.

cek list sebelum pelihara landak mini

Sebelum memelihara hewan APAPUN, kita harus tau dulu cocok atau ngga hewan yang mau kita pelihara dengan kita. Memelihara hewan itu adalah komitmen, ga sembarangan. Hewan = makhluk hidup yang punya perasaan juga.

Jangan gara-gara liat foto-foto mereka di instagram lucu-lucu trus langsung beli ya!

JANGAN PELIHARA LANDAK MINI KALAU:

jangan pelihara landak mini - waktuKamu tidak punya waktu

Coba pikirkan apakah kamu sibuk banget setiap harinya? Atau mungkin sudah punya hewan peliharaan lainnya di rumah? Punya cukup waktu untuk memelihara hewan yang ada? Apa kamu rajin bersihkan kandangnya? Apakah kamu berinteraksi dengan mereka dengan semestinya? Kalau kamu merasa terlalu sibuk atau sampai kewalahan merawat hewan yang udah ada di rumah, saran aku sih sebaiknya jangan pelihara landak mini.

jangan pelihara landak mini - harus rajin di handle

kamu tidak bisa rajin handle

Supaya kenal sama pemiliknya, dia harus rajin di handle. Selain itu, harus diperhatikan kebersihan dia beserta kandangnya juga, harus ada waktu untuk free-roam (di lepas keluar dari kandang, supaya bisa jalan-jalan jadi ga stress).

jangan pelihara landak mini - kandang

tidak bisa menyediakan kandang yang aman dan nyaman

Kamu juga harus bisa menyediakan kandang yang membuatnya merasa aman dan nyaman. Kadang bau hewan lain seperti anjing atau kucing bisa membuat tipe yang penakut cukup stress loh! Ingat, kandangnya harus benar-benar aman dari hewan peliharaan lainnya ya!

mau pelihara hewan yang lebih sosial

Landak mini adalah hewan soliter. Mereka itu bahagia sendiri. Tidak perlu teman. Ga perlu dikawinkan.

Jantan sama jantan tidak mungkin bisa digabung, karena mereka teritorial, pasti berantem.

Jantan dan betina juga tidak bisa digabung karena yang betina pasti akan hamil terus menerus dan 2 indukan ini akan makan hoglet-nya (sebutan untuk anak landak mini) kalau tetap bersama-sama di kandang yang sama.

Tidak perlu dikawinkan? Ya betul, info lebih lanjut mengenai hal ini silahkan klik disini.

Betina dan betina masih ada sedikit kemungkinan bisa di gabung. Tapi aku ga sarankan untuk gabung ya.. banyakan akibat negatifnya dari pada positifnya. Karena ga ada yang bisa menjamin mereka akan selalu akur, bisa aja ada satu dan lain hal yang menyebabkan akhirnya mereka berantem.

Jadi intinya, 1 kandang hanya untuk 1 ekor. Kalau mau pelihara hewan yang bisa dikandangin bareng-bareng, berarti landak mini bukan hewan yang tepat untuk kamu pelihara.

jangan pelihara landak mini - hewan nokturnal

mau hewan yang aktif di siang hari

Mereka adalah hewan nokturnal yang berarti mereka hanya aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Kamu harus yakin ya kalau kamu ga masalah ga liat lucunya landak mini di siang hari. Kalau dibangunin siang-siang biasanya dia bete banget. Analoginya sama aja kayak manusia lagi tidur enak-enak, dibangunin tengah malam. Jadi ngomel deh.

Banyak orang bilang, dia bisa mengubah kebiasaan landak mini yang nokturnal menjadi diurnal (aktif di siang hari), which is a very bad idea. Hal ini malah bisa membuat mereka capek, stress, akhirnya imun tubuh melemah, lalu sakit, dan kemungkinan terburuknya ya bisa mati akhirnya.

Jadi, kalau kamu ga yakin bisa ikutin jam natural nya dia, mending jangan pelihara ya.

jangan pelihara landak mini - ketusuk duriDesigned by Shayne_ch13 / Freepik

takut Ketusuk duri

Banyak yang sudah pelihara lalu bilang “gimana pegangnya nih? Takut ketusuk.” Namanya aja udah landak, ya pasti berduri, ya pasti akan pernah ketusuk. Tapi is not as bad as you think! Memang tajam, tapi ga sama dengan duri landak hutan. Durinya landak mini ga akan menancap di tangan kita lalu dilepaskan disitu. Berdarah ga? Kalo aku pribadi sih pernah ketusuk sampe berdarah hehehe. Jaraaaaaaaaaang banget kejadian sampe berdarah karena ketusuk. Trust me, ga sakit-sakit amat kok kalo ketusuk, lama-lama juga biasa, asal kita konsisten untuk belajar memegang landak setiap hari.

jangan pelihara landak mini - biaya

terbentur Biaya

Selain adopt fee yang diperlukan untuk membeli landak mini yang berkualitas, kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk membeli berbagai macam keperluan untuk memeliharanya; dari kandang, bedding, hiding-box, tempat makan & minum, dan makanan kucing yang berkualitas.

jangan pelihara landak mini - table ilustrasi biaya

Table di atas baru keperluan DASAR sebelum membawa landak mini pulang.

Adopt fee landak mini yang berkualitas: IDR 300.000 (minimal, tidak menjadi acuan ya, aku akan share tentang memilih landak mini yang sehat soon!)

Berarti total IDR 850.000 yang harus kamu keluarkan berikut dengan landak mini.

Siapin juga biaya untuk ke dokter hewan bila diperlukan ya.

jangan pelihara landak mini - dokter hewan

tidak ada Dokter hewan yang bisa menangani landak mini

Tidak semua dokter hewan bisa menangani landak mini, jadi sebelum kamu adopt landak mini, pastikan ada dokter hewan yang kamu bisa kunjungi jika diperlukan. Bagaimana kalau ga ada dokter hewan yang bisa dikunjungi di daerah kamu? Saran aku, jangan pelihara landak mini. Karena landak mini rentan pada penyakit-penyakit tertentu yang perlu di cek sama dokter hewan, bagaimana mau disembuhkan kalau dokternya aja ga ada?

Designed by Freepik

jangan pelihara landak mini - sifat landak mini

tidak mau mengerti karakter landak mini yang berbeda-beda

Sama aja kayak manusia mereka punya sifat yang berbeda-beda. Ada landak mini yang manja, suka jalan-jalan, penyendiri, dan penakut.

Anyway, landak mini yang sifatnya penakut pasti sering mendesis dan menggulung badannya, biasanya ditambah suara clicking (mengancam). Dengan tipe ini, kita perlu banyak bersabar agar dia bisa percaya sama kita. Ada yang bisa berubah menjadi lebih bersahabat dan ada juga yang ga bisa di rubah, memang sudah sifatnya seperti itu. Biasanya pemilik baru, ga mau  pelihara yang tipenya seperti ini, kecuali memang senang dengan tantangan menjinakkan landak mini 😛

Kalau semua pernyataan di atas tetap membuat kamu mau memelihara landak mini, well by all means, silahkan kalau mau pelihara ya. Eitsss.. Jangan buru-buru cari breeder untuk adopt, siapkan ini semua dulu ya!

So, what do you think? Mau pelihara ga? Silahkan tulis di comment ya! 🙂

Leave a Reply