Halo! Kalau kamu nyasar sampai ke post ini kemungkinan besar kamu lagi mencari-cari info mengenai landak mini yang super cute ini ya?!

fakta seru landak mini

LANDAK MINI BERASAL DARI AFRIKA

Landak mini peliharaan di seluruh dunia berasal dari Afrika. Awal di import ke United States bukan hanya untuk sebagai hewan peliharaan exotic tapi juga untuk riset tentang pembekuan darah. Ternyata di negara asalnya tersebut, mereka dipandang sebagai hama loh!

fakta seru landak mini - perbedaan landak mini dan landak hutan liar

Landak Mini berbeda total dengan landak hutan

Duri-duri ditubuh landak mini hanya digunakan untuk menjaga dirinya dari serangan predator. Pada saat merasa terancam, ia akan menggulungkan tubuhnya sehingga duri-durinya berdiri semua, membuat predator sulit untuk menyerangnya, tapi dia tidak melepaskan duri-durinya tersebut untuk menusuk dan meninggalkan durinya di tubuh musuhnya.

Makhluk nokturnal

Mereka tidur sepanjang hari dan baru akan aktif saat malam hari. Hal ini bukan berarti kamu ga bisa bangunin mereka pada siang hari, tetapi pola tidurnya memang berbeda total dengan pola tidur manusia dan biasanya mereka kan sedikit grumpy (bete) kalau dibangunin dari tidurnya.

Memiliki 5000-6000 duri

Yup! Banyak banget durinya. Mereka juga mengalami proses quilling yang mana artinya adalah pergantian duri, dari duri saat ia kecil dan menjadi dewasa. Pada masa2 quilling mereka akan lebih grumpy (bete) karena dia merasa ngga nyaman. Quilling ini mirip dengan saat-saatnya tumbuh gigi pada bayi.

Penglihatan yang buruk

Mereka lebih mengutamakan pendengaran dan penciumannya yang tajam dikarenakan penglihatannya yang buruk. Pada masa pendekatan (cieeehh PDKT ama landak), sangat penting untuk mereka agar bisa menghubungkan antara aroma tubuh pemiliknya dengan keamanan. Memakai sarung tangan atau mencuci tanganmu dengan sabun cuci tangan yang berbeda-beda bisa membuat dia bingung dan ketakutan.

fakta seru landak mini - menggulung atau ngebola karena takut

Hewan penakut

Landak mini bukan hewan yang ganas. Dia menggulung seperti bola hingga duri-durinya berdiri ketika dia merasa takut dan terancam. Jadi jangan takut ya, sebenernya dia yang takut sama kamu kok. 😛

Bahagia sendirian

Bayi landak mini membutuhkan ibunya untuk beberapa minggu di awal kehidupannya, tapi setelah selesai masa menyusui landak mini lebih suka hidup sendiri. Jadi kalau mau memelihara landak mini, dalam satu kandang hanya boleh ada satu landak ya!

Tidak harus dikawinkan

Landak mini betina tidak mengalami masa-masa birahi seperti pada hewan lainnya (kucing, anjing, dll). Mereka hanya akan berovulasi pada saat benar-benar dekat dengan si jantan. Jadi selama mereka tidak berdekatan, tidak akan terjadi ovulasi. Lain halnya dengan si jantan, dia akan ada masa-masa birahi-nya, tapi tidak harus ada betinanya kok dia bisa “boy time” sendiri 😛

fakta seru landak mini - hiding box

Suka ngumpet

Supaya merasa aman dan nyaman, hewan ini selalu mencari tempat untuk ngumpet. Jadi pastikan ada tempat untuk dia ngumpet ya kalau memelihara landak mini.

Bisa dilatih untuk pup / pee di toilet (potty train)

Ya benar! Mirip kayak kucing, mereka juga bisa diajarkan toilet training loh! Artinya mereka bisa poop & pee di tempat tertentu.

Rata-rata umurnya 3-5 tahun

Dalam pemeliharaan yang baik dan benar, mereka bisa berumur sampai 5 tahun, bahkan ada loh yang sampai 8 tahun!

Nah.. Gimana? Lucu kan dia…

Kalau kamu tertarik untuk pelihara hewan ini, selain fakta-fakta yang disebutkan di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu tau dulu sebelum kamu pelihara. Silahkan langsung aja ke post ini  dan ini ya!

Leave a Reply