Apakah Landak Mini Cocok Dipelihara Anak-anak 1

Waktu awal adopsi Dobie, terus terang yang suka memang aku, tapi kebetulan Farhan (anakku) juga ada yang cinta banget sama hewan dan minta hewan peliharaan.

Tapi aku tau, kalau anak-anak di rumah masih terlalu kecil (usia 3-8 tahun) untuk dikasih tanggung jawab memelihara hewan. Sehingga pemeliharaan secara keseluruhan adalah tanggung jawab aku sendiri.

Pertimbangan lain yang akhirnya membuat aku memutuskan memelihara landak mini adalah untuk mengajarkan anak-anak supaya bersabar dan lembut terhadap hewan, karena jika merasa terancam landak mini akan menggulungkan dirinya, sehingga duri-durinya berdiri dan hal ini akan membuat mereka sulit untuk memegang landak mini.

Sebelum memutuskan untuk memelihara landak mini untuk anak-anak, orang tua perlu mencari tau dulu hewan apa dan seperti apakah landak mini itu? Orang tua juga perlu tau keperluan serta biaya yang dibutuhkan sebelum mulai mengadopsi landak mini.

Apakah Landak Mini Cocok Dipelihara Anak-anak 2

Landak mini bisa dijadikan hewan peliharaan anak-anak kecil selama dalam pengawasan orang tua. Pemeliharaan landak mini tidak bisa diserahkan kepada anak-anak yang usianya terlalu kecil. Karena perlu rutinitas yang konsisten dalam pemeliharaannya, dan hal ini menurutku adalah beban tanggung jawab yang terlalu berat untuk anak-anak. Baca: Rutinitas Merawat Landak Mini dan Jangan Pelihara Landak Mini.

Landak mini lebih cocok untuk menjadi hewan peliharaan anak remaja usia 13 tahun ke atas. Paling tidak anak seusia ini sudah bisa mengerti dan bisa mulai belajar untuk bertanggung jawab dalam merawat landak mini peliharaannya. Akan tetapi, peran orang tua untuk mengawasi tetap dibutuhkan.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan sebelum mengadopsi landak mini untuk dijadikan peliharaan anak-anak:

  • Tertusuk duri. Walaupun tertusuk duri landak mini tidak semengerikan yang dibayangkan, tapi jika hal ini terjadi pada anak-anak kemungkinan mereka bisa ngga tertarik lagi dengan landak mininya.
  • Harus dipegang perlahan-lahan dan lembut. Kalau anak-anak yang tipenya berisik atau kasar, pasti akan kesulitan untuk memegang landak mini.
  • Butuh lingkungan yang tenang dan sepi. Lingkungan yang terlalu berisik dapat membuat landak mini stress.
  • Landak mini adalah hewan nokturnal yang artinya dia hanya aktif di malam hari. Pada siang hari dia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sehingga kalau anak-anak maunya hewan yang aktif terus dan sering bermain di siang hari, mereka bisa menganggap landak mini adalah hewan yang membosankan.
  • Problem kesehatan. Layaknya manusia, terkadang landak mini juga perlu perhatian dan tindakan dari tenaga medis. Sayangnya, tidak banyak dokter hewan yang dapat menangani landak mini. Jadi pastikan dulu apakah ada dokter hewan yang bisa menangani landak mini yang bisa kita kunjungi sebelum mengadopsi landak mini.
  • They’re poopers (it’s a word!). Landak mini sering poop dan pipis ketika mereka banyak bergerak, seperti saat lari-larian dan saat dipegang. Tips: biarkan landak mini lari-larian dulu selama kurang lebih 15 menit sebelum dipegang untuk mengurangi kemungkinan dia poop atau pipis saat kita pegang.

Setelah melakukan riset panjang dan berbagai pertimbangan akhirnya aku tetap memutuskan untuk memelihara landak mini di rumah, dengan 2 peraturan dasar yang aku terapkan untuk anak-anak di rumah:
1. Hanya aku atau orang dewasa lainnya yang boleh membuka kandang dan mengangkat landak mini dari kandang.
2. Tidak boleh memberikan makanan atau mainan apapun ke landak mini tanpa izin aku.

Setiap bermain dengan landak mini seperti: melepas di dalam rumah atau mau pegang-pegang selalu dalam pengawasan aku atau orang dewasa lainnya. Peraturan diatas aku rasa perlu diterapkan karena kita pastinya ngga mau dong landak mini atau anak-anak kita yang terluka.

Anyway.. Beberapa bulan lalu, Farhan dan Ayra dapat kesempatan untuk mengisi acara My Pets di MNC Kids Channel yang bekerja sama dengan komunitas Rumah Landak Mini.

Mau liat bagaimana interaksi anak-anak dan landak mini? Liat video dibawah ini ya!

Jadi gimana, masih mau kasih landak mini jadi peliharaan anak-anak ngga? Silahkan komen dibawah ya!

Leave a Reply